Senin, 23 Juli 2018

Memilih jenis lantai kayu yang tepat untuk interior


Kita sudah mengenal baik dan buruknya menggunakan lantai kayu parket,bagi yang belum tahu bisa searching di google tentang plus minus menggunakan lantai kayu parkit. Yang tak kalah pentingnya yang harus diketahui adalah pemilihan jenis kayu yang tepat untuk rumah Anda.


Lantai kayu sangat cocok disandingkan dengan rumah yang bergaya kontemporer modern,etnik atau klasik karena fungsi dan penampilannya yang fleksibel.

3(Tiga) jenis lantai kayu yang harus difahami agar supaya tidak salah memilih.

1.   Lantai kayu solid
Jenis ini terbuat dari kayu asli dengan ketebalan rata-rata 1,5 cm s.d 2,2 cm,lebih tebal dibanding lantai kayu engineered dan laminated. Kekurangan menggunakan lantai kayu solid adalah sangat rentan dan sensitive jika terjadi perubahan suhu ekstrem,bisa memuai atau menyusut. Di Indonesia sendiri lebih banyak menggunakan kayu Jati sebagai lantai kayu solid. Proses pengeringan menentukan daya tahan kayu Jati.

a.    Kelebihan kayu jati
- Menghasilkan keindahan alami
- Kuat dan tahan lama
- Serat kayu alaminya akan tampak lebih indah dan natural

b.    Kekurangan lantai kayu jati solid
- Warna lantai kayu menjadi kusam untuk jangka waktu tertentu
- Dapat memuai dan menyusut ketika terjadi perubahan suhu
- Rawan tergores,percikan api dan retak
- Air adalah musuh utamanya.

2.   Lantai kayu Engineer (Engineer woods floor)


Untuk mengatasi memuai dan menyusut pada lantai kayu solid maka dibuatkan lantai kayu engineer,yaitu jenis lantai kayu dengan system layer atau multi layer yang pada pembuatannya dengan cara kayu solid dipotong dengan ketebalan tertentu dan ditumpuk menyilang horizontal dan vertical kemudian di press agar menjadi menyatu padat dan dibagian atasnya diberi lapisan pelindung dan corak kayu tiruan.

3.   Lantai kayu palsu/imitasi
Lantai kayu tiruan ini sedang banyak peminatnya. Tampilan tak jauh beda dengan lantai kayu solid namun harganya jauh lebih miring. Jika bicara kualitas,lantai kayu tiruan ini tak kalah dengan lantai kayu solid dan lantai kayu engineer bahkan untuk ketahanan jauh lebih unggul seperti tahan air,tahan api dan tahan goresan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar